Senin, 08 Oktober 2018

Perkembangan Bisnis IT di Indonesia


               Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki peran penting bagi kehidupan manusia dan terus mengalami perkembngan yang sangat luar biasa.  Hampir diseluruh kegiatan sehari-hari kita menggunakan teknologi informasi , tak terkecuali dalam menjalankan bisnis yang terjadi dalam suatu perusahaan. Bagaimana tidak, Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diterapkan dalam kehidupan dapat mempercepat dan mempermudah pekerjaan kita. Penerapan teknologi dapat mengurangi biaya yang tidak diharapkan dan dapat meningkatkan fleksibilitas. Selain itu Teknologi Informasi dapat menghemat waktu , hal ini dapat menjadi kebutuhan pebisnis akan efisiensi waktu.

          Saat ini teknologi informasi sudah banyak diterapkan salah satunya dibidang bisnis. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang baik, bidang bisnis bisa merambah ke berbagai model usaha seperti misalnya adanya online shopping, online trading dan lain sebagainya. Para penjual dan pembeli semakin mudah untuk berkomunikasi dan melakukan transaksi dengan adanya bantuan transaksi melalui teknologi informasi dan komunikasi di Indonsia.
             Wujud nyata dari penerapan teknologi informasi pada bidang bisnis adalah pada semakin banyaknya toko online yang menawarkan berbagai macam produk unggulan dan saling bersaing dengan menunjukkan keunggulan pelayanan dan lain sebagainya. Tanpa adanya sistem teknologi informasi, hal tersebut pasti tidak akan bisa terjadi.
            Selain itu Teknologi Informasi membantu perusahaan memperbaiki, merancang dan mengelola hubungan dengan pelanggan, hal ini disebut dengan Customer Relationship Management (CRM). CRM adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi, CRM dapat meningkatkan kinerja terhadap produktivitas terhadap perusahaan juga membantu menarik prospek penjualan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal. Dalam persaingan bisnis yang sangat sengit, perusahaan dapat lebih responsif terhadap perubahan pasar dengan mengutamakan konsumen sehingga akan tercipta sebuah proses bisnis dengan kinerja yang optimal.

0 komentar:

Posting Komentar