Senin, 09 November 2015

Individu Keluarga dan Masyarakat


    Individu merupakan suatu unit terkecil pembentukan masyarakat. Individu dalam ilmu sosial juga berarti bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi jadi bagian terkecil. Dalam bahasa yunani individu yaitu “individium”, yang artinya adalah tidak terbagi. Menurut konsep sosiologis individu artinya manusia yang hidup dan berdiri sendiri. Pertumbuhan individu adalah pertumbuhan yang menuju kearah yang lebih maju dan lebih dewasa. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan individu secara garis besar dibagi menjadi tiga, yaitu Navistik, Empiristik dan Environmentalistik, Konvergensi dan Interaksionisme.

    Keluarga adalah kumpulan individu yang memiliki hubungan darah dalam suatu lingkungan.
Keluarga terdiri dari kepala keluarga dan dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal disuatu tempat. Keluarga memiliki fungi, atara lain:
  1. Fungsi Biologis
  2. Fungsi Sosialis
  3. Funsgi Ekonomi
  4. fungsi religius/Agama
  5. Fungsi Pemeliharaan
  6. Fungsi Pendidikan

   Masyarakat adalah kelompok manusia yang memiliki tatanan kehidupan. Aspek individu, kelompok, masyarakat adalah aspek-aspek sosial yang tidak bisa dipisahkan. Ketiganya mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Jika tidak ada individu maka tidak ada kelompok, jika tidak ada kelompok tidak akan ada keluarga, jika tidak ada keluarga tidak akan masyarakat. Sementara di pihak lain untuk mengembangkan eksistensinya sebagai manusia, maka individu membutuhkan keluarga dan masyarakat, yaitu media di mana individu dapat mengekspresikan aspek sosialnya.

0 komentar:

Posting Komentar