Senin, 09 November 2015

Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan

  Penduduk adalah orang-orang yang mendiami suatu wilayah tertentu. penduduk lebih ditekankan pada komposisi umur, jenis kelamin dan lain-lain, tetapi juga klasifikasi tenaga kerja dan watak ekonomi, tingkat pendidikan, agama, ciri sosial, dan angka statistik lainnya yang menyatakan distribusi frekuensi. Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kebudayaan adalah hasil budidaya masyarakat yang merupakan hasil karya , cipta dan rasa masyarakat.

    Antara Penduduk, Msyarakat dan kebudayaan memiliki hubungan yang erat. Dimana penduduk adalah sekumpulan manusia yang menempati wilaya geografi dan ruang tertentu, sedangkan masyarakat merupakann sekumpulan penduduk yang saling berinteraksi dalam suatu wilayah ternentu dan terikat oleh aturan-aturan yang berlaku di wilayah tersebut. Dalam interaksi masyarakat sendiri maka terbentuklah kebudayaan , baik yang mereka dapat dari nenek moyangnya atau kebudayaan baru yang tubuh seiring berjalannya waktu. Kebudayaan sendiri hasil dari masyarakat atau karya manusia untuk melangsungkan hidupnya atau melengkapi kebutuhan hidupnya yang kemudian hal tersebut melekat pada masyarakat sehingga menjadi ciri khas dari pada masyarakat tersebut.

    Kebudayaan dan kepribadian saling memiliki keterkaitan dalam setiap kehidupan manusia. Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang saling berinteraksi satu sama lain. Budaya merupakan salah satu unsur dasar kehidupan sosial. Budaya memiliki peranan penting dalam membentuk pola pikir dan pola pergaulan dalam masyarakat, yang berarti. Kebudayaan mencakup kegiatan aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh individu atau masyarakat, pola pikir mereka, kepercayaan juga ideologi yang mereka miliki.

0 komentar:

Posting Komentar