Selasa, 17 Mei 2016

Manusia dan Cinta Kasih

A. PENGERTIAN CINTA KASIH
            Menurut kamus umum bahasa indonesia, cinta adalah rasa sangat suka atau sayang , ataupun sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir besamaan, sehingga rasa kasih memperkuat rasa cinta. karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
B. CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
            Dalam kehidupan manusia, cinta menampakkan diri dalam berbagai bentuk. Kadang-kadang sesorang mencintai dirinya sendiri. Kadang-kadang mencintai sesorang. Atau juga istri dan anaknya, hartanya, atau Allah dan Rasulnya. Berbagai bentuk cinta ini bisa kita dapatkan dalam kitab suci Al-Qur'an.
Cinta Diri
            Cinta diri erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri. Manusia senang untuk tetap  hidup, mengembangkan potensi dirinya dan mengaktualisasikan diri.Pun ia mencintai segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan pada dirinya.
Cinta Kepada Sesama Manusia
            Agar manusia dapat hidup dengan penuh keserasian dan keharmonisan dengan manusia lainnya, tidak boleh tidak ia harus membatasi cintanya pada diri sendiridan egoismenya. Pun hendaknya ia menyeimbangkan cintanya itu dengan cinta dan kasih sayang pada orang-orang lain, bekerja sama dengan memberi bantuan kepada orang lain. Alqur'an juga menyeru kepada orang-oang yang beriman agar saling cinta-mencintai seperti cinta mereka kepada diri mereka sendiri.
Cinta Seksual
            Cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual, karena ialah yang bekerja dalam melestarikan kasih sayan, keserasian, dan kerjasama antara suami istri. Ia merupakan faktor primer bagi kelangsungan hidup keluarga.
Cinta Kebapakan
            Ahli ilmu jiwa modern berpendapat bahwa dorongan kebapakan merupakan dorongan psikis. Dorongan ini nampak jelas dalam cinta bapak kepada anak-anaknya, karena merka sumber kesenangan dan kegembiraan baginya dan sumber kekuatan dan kebanggaan.
Cinta Kepada Allah
            Puncak Cinta manusia, yang paling bening, jernih dan spiritual ialah cintanya kepada Allah dan kerinduannya kepada-Nya. Tidak hanya dalam sholat, pujian dan doanya saja, tetapi juga dalam semua tindakan dan tingkah lakunya. Semua tngkah laku dan tindakannya ditujukan kepada Allah, mengharapkan penerimaan dan Ridha-Nya.
Cinta Kepada Rasul
            Cinta kepada Rasul yang diutus Allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta, menduduki peringkat ke dua setelah cinta kepada Allah. Ini karena Rasul merupakan ideal sempurna bagi manusia baik dalam tigkah laku, moral, maupun berbagai sifat luhur lainnya.
C. KASIH SAYANG
            Pengertian kasih sayang menurut kamus bahasa indonesia adalah perasaaan sayang , perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.
D. KEMESRAAN
            Kemesraan berasal dari kata mesra yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Kemesraan adalah pewujudan dari cinta. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.
E. PEMUJAAN
            Pemujaan adalah salahsatu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.Hal ini karena pemjaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya.
F. BELAS KASIHAN
            Dalam cinta sesama ini dipergunakan istilah belas kasihan , karena cinta disini bukan karena cakepnya, kayanya, cantiknya, pandainya. melainkan karena penderitaannya. Penderitaan ini mengandung arti yang luas. Mungkin tua, mungkin sakit, yatim, yatim piatu, dan sebagainya. Jadi kata kasihan atau rahmah berarti bersimpati kepada nasib atau keadaan yang diderita orang lain.
G. CINTA KASIH EROTIS

            Cinta kasih erotis yaitu keharusan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan sesorang lainnya. Pada hakekatnya cinta kasih ersebut bersifat eksklusif. Bukan universal, dan juga barangkali merupakan bentuk cinta kasih yang paling tidak dapat dipercaya.

PPT Manusia dan Cinta Kasih:
https://docs.google.com/presentation/d/1GZK8x4_PNxvXZGtr37Y0amqfd_Ht_W_hoe4uxrIoavE/edit?usp=sharing

0 komentar:

Posting Komentar