Rabu, 22 Juni 2016

BAB 8 MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP




A. PENGERTIAN PANDANGAN HIDUP
Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pandangan hidup timbul melalui proses waktu yang lama dan terus menerus sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya. Pandangan hidup banyak sekali macam dan ragamnya. Akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 mcam :
  1. Pandagan hidup yang berasal dari agama
  2. Pandangan hidup yang berupa ideologi
  3. Pandangan hidup hasil renungan

Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur yaitu cita-cita, kebajikan, usaha, keyakinan/kepercayaan.

B. CITA-CITA
Menurut kamus umum bahasa indonesia, cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Baik keinginan, harapan, maupun tujuan merupakan apa yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang. Apabila cita-cita itu tidak mungkin atau belum terpenuhi maka cita-cita itu disebut angan-angan.
Seseorang dapat menggapai cita-citanya itu bergantung dari tiga faktor. Pertama, manusianya yaitu memiliki cita-cita; kedua, kondisi yang dihadapi selama mencapai apa yang dicita-citakan; dan ketiga, seberapa tinggikah cita-cita yang hendak dicapai. Faktor manusia yang mau mencapai cita-cita ditentukan oleh kualitas manusianya.Faktor Kondisi yang mempengaruhi teracainya cita-cita dapat disebut yang menguntungkan dan yang menghambat. Faktor tingginya cita-cita merupakan faktor ketiga dalam menggapai cita-cita. Suatu cita-cita tidak hanya dimiiki individu tetapi masyarakat dan bangsapun memiliki cita-cita.

C. KEBAJIKAN
Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika. Untuk melihat apa itu kebajikan kita harus melihat dari tiga segi, yaitu manusia sebagai makhluk pribadi, manusia sebagai anggota masyarakat, dan manusia sebagai makhluk Allah.

D. USAHA / PERJUNGAN
Usaha / perjuangan adalah kerj keras untuk mewujudkan cita-cita. Setiap manusia harus kerja keras unutk melanjutkan hidupnya karena sebagian hidup manusia adalah usaha/perjuangan. Kerja keras dapat dilakukan dengan ilmu maupun dengan tenaga/jasmani atau dengan keduanya. Kerja keras pada dasarnya menghargai dan meningkatkan harkat dan martabat manusia.. Sebaliknya pemalas membuat manusia itu miskin, melarat, dan berarti menjatuhkan harkat dan martabatnya sendiri. Untuk bekerja keras manusia dibatasi oleh kemampuan, karena kemampuan terbatas itulah timbul perbedaan tingkat kemakmuran antara manusia satu dan manusia lainnya.

E. KEYAKINAN / KEPERCAYAAN
Keyakinan / kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof. Dr. Harun Nasution, ada 3 aliran filsafat, yaitu aliran naturalisme, intelektualisme, dan gabungan.

a. Aliran Naturalisme
Aliran naturalisme berintikan spekulasi, mungkin ada Tuhan dan mungkin juga Tidak ada Tuhan. Lalu mana yang benar? Yang benar adalah Keyakinan. Jika kita yakin tuhan itu ada makan kita katakan tuhan ada. Bagi yang tidak yakin, dikatakan Tuhan tidak ada yang ada hanya natur.
Bagi yang percaya Tuhan, Tuhan itu adalah kekuasaan tertinggi. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan, olehkarena itu manusia mengabdi kepada Tuhan berdasarkan ajaran-ajaran Tuhan yaitu agama. Ajaran agama ada dua macam yaitu Ajaran agama domatis dan Ajaran agama dari pemuka oemuka agama.
Sebaliknya apabila manusia tidak mengakui adanya Tuhan, natur adalah kekuatan tertinggi, maka keyakinan itu bermula dari kekuatan natur. Pandangan hidupnya dilandasi oleh natur yang sifatnya atheisme. Ini disebut pandangan hidup komunis.

b. Aliran Intelektualisme
Dasar aliran ini adalah logika / akal. Manusia mengtamakan akal. Dengan akal manusia berpikir. Mana yang benar menurut akal itulah yang baik, walaupun bertentangan dengan hati nurani manusia. Apabila aliran ini dihubungkan dengan pandangan hidup, maka keyakinan manusia itu bermula dari akal.

c. Aliran Gabungan
Dasar aliran ini adalah kekuatan gaib dan juga akal. Kekuatan gaib artinya kekuatan yang berasal dari Tuhan, percaya adanya Tuhan sebagai dasar keyakinan. Sedangkan akal adalah dasar kebudayaan, yang menentukan benar tidaknya sesuatu. Apabila aliran ini dihubungkan dengan pandangan hidup, maka akan timbul dua kemungkinan pandangan hidup. Apabila kita kaji maka antara kedua pandangan ini terdapat perbedaan pokok. Pandangan hidup sosialisme menekankan pada logika berpikir kolektif, sedangkan pandangan hidup sosialisme menekankan pada logika berpikir kolektif individual.

F. Langkah – langkah berpandanganhidup yang baik

  1. Mengenal apa itu pandangan hidup.
  2. Mengerti tentang pandangan hidup
  3. Menghayati pandangan hidup.
  4. Meyakini pandangan hidup
  5. Mengabdi
  6. Mengamankan


0 komentar:

Posting Komentar