Kamis, 30 Juni 2016

BAB 9 MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB



A. PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah kewajiban menanggung. Memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan meanggung akibatnya.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran dan kewajibannya.

B. MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB
  1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
    Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan keprbadian sebagai manusia pribadi.
  2. Tanggung jawab terhadap keluarga
    Keluarga merupakan masyarakat kecil yang terdiri dari suami-istri ayah-ibu, dan anak-anak dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga.
  3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
    Manusia tida dapat hidup tanpa bantuan dari manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena saling membutuhkan maka ia harus berkomunikasi . Sehingga dengan demikian manusia disini mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsugkan hidupnya dalam masyarakat tersebut.
  4. Tanggung jawab kepada bangsan dan negara
    Dalam berpikir , berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-uuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatannya salah maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.
  5. Tanggung jawab terhadap Tuhan

C. PENGABDIAN DAN PENGORBANAN

  1. Pengabdian
    Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pemikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan , cinta, kasihsayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.
  2. Pengorbanan
    Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Pengorbanan dengan sifat kebaktian itu mengandung unsur keihlasan yang tidak mengandung pamrih.

0 komentar:

Posting Komentar